Episode Terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6

No comment 3212 views
banner 468x60
Episode Terakhir Para Pencari Tuhan jilid 6

Gambar: SCTV

Episode Terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 – Hari ini, 18 Agustus 2012, menjadi episode terakhir dari sinema penyejuk jiwa Para Pencari Tuhan Jilid 6 atau yang lebih kira sering sebut dengan PPT Jilid 6 yang ditayangin di layar SCTV semenjak hari pertama puasa. Sepanjang bulan puasa Ramadhan 1433 H ini, jumlah total episode PPT Jilid 6 berjumlah 26 episode ditambah dengan 3 episode seandainya yang merupakan pengubahan cerita asli yang diandaikan.

Cerita dari episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 ini mencakup semua cerita-cerita yang menjadi bagian inti dari keseluruhan cerita selama 26 episode. Dari mulai cerita nasib uang pak Jalal dengan si Udin dan Asrul, nasib Kalila dengan rumah tangga Azam dan Aya, “romantisme” cinta segi tiga Bang Jack, Mas Wi, dan Tante Widya, trio mushola, serta yang tidak ketinggalan cerita dari Trio RW. Semuanya mendapatkan bagian dalam episode terakhir yang dibagi menjadi 6 segmen tersebut.

Episode Terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6

Ok. Akan saya bagikan ringkasan masing-masing cerita di atas, meski gak selengkap seperti yang di sinema itu, cuma sekedar ringkasan cerita di episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 ini. Pertama kita awali dengan nasib uang 800 jutaan milik Pak Jalal terlebih dahulu; akhirnya terkuak bahwa uang yang ada di Udin memanglah uang milik Pak Jalal setelah semua di-cross check soal jumlah, dan bentuk koper yang dulu hilang. Dengan itu, Pak Jalal kegirangan namun tetap menuntut tanggung jawab pada Udin karena uangnya hilang dan berniat untuk melaporkan si Udin pada pihak yang berwajib. Seperti biasa reaksi Udin selalu mengucapkan kejengkelannya dengan kata “verdomsech”. Namun di akhir segmen, akhirnya Pak Jalal mengurungkan niatnya setelah berkonsultasi pada Bang Jack. Udin, Asrul dan Pak Jalal akhirnya berpelukan.

[iklan3]

Episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 menceritakan upaya baik Bang Jack atau pun Mas Wi untuk merebut hati Tante Widya menemui kebuntuan. Mereka berdua dianggap tidak mengerti waktu dengan mencoba melamar Tante Widya secara bersama-sama dan akhirnya hadiah yang dibawa oleh Bang Jack dan Mas Wi pun ditinggalkan begitu saja di meja. Dan Tante Widya pun akhirnya meninggalkan mereka berdua yang ditemani Aza dan Azam.

Lalu bagaimana cerita dari Trio RW? Di episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 ini suasana Pak RW sedang BETE, hingga obrolan dengan Pak Yos dan Kakim pun selalu dijawabnya dengan ketus penuh kemurungan. Dan seperti biasa, Pak Yos selalu dibikin emosi oleh perlakuan Pak RW ini. Si Dewi Persik-nya Pak RW pun akhirnya keluar dari rumah, menanyakan apa yang terjadi. Kakim menjelaskan bahwa proyek yang mereka rangcang untuk membangun masjid sebagai kompensasi apabila ingin menggusur Mushola At-Taqwa atau musholanya Bang Jack dan mengubah lokasi tersebut menjadi mini market. Namun Trio RW tidak mendapatkan proyek itu secara utuh, mereka hanya mendapatkan proyek kecil untuk mengurus keperluan dokumentasi dan perizinan bukan proyek pembangunan secara langsung. Pak RW yang khas inipun mengucapkan kata favoritnya, apa lagi kalau bukan “Wedus”.

Azam, Aya, dan Kalila? Episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 ini menggambarkan kerumitan kembali hubungan mereka bertiga. Selalu berujung rumit dengan kata-kata yang memang kadang sulit dimengerti dan cenderung puitis. Aya mengetahui Azam menelpon Kalila yang saat itu masih di mobil dan menangis karena Azam tahu bahwa ternyata Kalila belum mempunyai pacar seperti yang dikatakannya, serta belum dapat melupakan kenangannya bersama Azam. Kalila pun akhirnya ke rumah Azam, dan meminta pada Aya dan Azam untuk memberikan alasan mengapa Kalila harus meninggalkan mereka berdua. Sembari menangis, Kalila menjabat tangan Azam dan kemudian berpelukan pada Aya.

[showmyads]

Di ujung cerita sebelum Pak Jalal datang ke mushola, Tri Mushola berpamitan pada Bang Jack. Barong dan Chelsi akan segera pulang ke rumah untuk berkumpul dengan istri mereka, sedangkan Juki akan tinggal bersama emak tirinya dan juga Bang Uyan. Seperti biasa, dalam menyampaikan maksud Bang Jack kadang tidak ngomong secara langsung. Ketika Barong dan Chelsi sudah mau meninggalkan mushola, Bang Jack memanggil mereka dan bertanya “gak ada yang ketinggalan?”. Ternyata yang dimaksud adalah mereka kok tidak ngasih ‘sangu’ atau uang pada Bang Jack. Ada sedikit air mata yang mengiringi perpisahan mereka berempat.

Ada beberapa pemeran yang tidak nongol di episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 kali ini. Diantanya adalah Ustadz Feri dan istrinya, istri dan pembantu Pak Jalal, istri dan anak-anak Asrul, Heli, dan beberapa pemeran pembantu lainnya. Dan bila saya melihat ujung cerita dari episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6 sama seperti tahun-tahun sebelumnya kembali menggantung; yang mungkin mengindikasikan bahwa sinema penyejuk jiwa ini akan dilanjutkan di bulan Ramadhan 1434 H tahun depan.

Di paling ujung cerita episode terakhir Para Pencari Tuhan Jilid 6, seperti biasa dalam kesendirian beliau memberikan kalimat penutup untuk mengakhir seluruh rangkaian season sinema ini. Saya sarikan kalimat tersebut karena saya agak lupa dengan kalimat-kalimatnya, untuk lebih lengkap dan pasnya mungkin dapat dilihat di recap sore ini (18 Agustus 2012). Berikut ini adalah kalimat penghujung dari Bang Jack; “Apa yang kita cari, bukan Tuhan, taqdir atau pun nasib. Semua itu telah tercatat di Lauhul Mahfudz. Yang bisa kita lakukan hanya terus bergerak, dengan iman atau pun tidak. Menuju surga atau pun yang lainnya.”

Email Autoresponder indonesia
author
shining you and surrounding