Mobile Learning

No comment 1076 views
mobile learning

Gambar: Mobile Learning

Mobile learning atau sering disebut dengan M-Learning dengan pemanfaatan teknologi mobile nirkabel memungkinkan setiap orang untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran di mana pun dan kapan pun. Sebagai konsekuensinya, semua pembelajar mempunyai kontrol kapan mereka ingin belajar dan dari mana lokasi mereka ingin belajar. Dan juga, semua orang mempunyai hak untuk mengakses materi pembelajaran dan informasi apa pun untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa memperhatikan dimana mereka tinggal, status, dan kebudayaan mereka. Mobile learning, dengan pemanfaatan teknologi mobile, akan memungkinkan semua warga negara di seluruh dunia untuk mengakses materi pembelajaran dan informasi di mana pun dan kapan pun. Pembelajar tidak harus menunggu waktu atau pergi ke tempat tertentu hanya untuk belajar.  Dengan adanya mobile learning, para pembelajar akan diuntungkan karena mereka dapat belajar kapan pun dan dimana pun mereka mau. Dan juga, pembelajar tidak harus belajar apa yang diharuskan mereka pelajari. Mereka dapat menggunakan teknologi mobile nirkabel untuk pembelajaran formal atau pun non formal dimana pun mereka dapat mengakses materi pembelajaran tambahan dan yang sesuai dengan pilihan mereka dari internet atau dari penyedia konten. Para pekerja yang sedang bekerja dapat menggunakan teknologi mobile untuk mengakses materi pelatihan dan informasi kapan pun mereka membutuhkannya pada saat itu juga. Pembelajaran pada saat itu juga (just-in-time) akan meningkatkan level pembelajaran karena mereka dapat mengakses dan sekaligus mempraktekkan informasi tersebut dari pada mempelajari suatu informasi dan mempraktekkan di lain waktu. Pendidik dan trainer diuntungkan karena mereka dapat menggunakan teknologi mobil untuk berkomunikasi dengan pembelajar dari mana pun dan kapan pun. Pada saat yang bersamaan,  pendidik dan pelatih dapa mengakses sumber-sumber pembelajar dari mana pun dan kapan pun untuk merencanakan dan memberikan pelajaran mereka.

[iklan3]

Masyarakat di seluruh dunia menggunakan teknologi mobile untuk menyelesaikan seluruh tugas-tugas mereka dan juga untuk bersosialisasi dengan teman dan kolega mereka, mereka akan menggunakan akses untuk materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi mobile mereka. Dan juga sektor-sektor sosial lainnya seperti bisnis, memungkinkan juga seluruh warga negara di seluruh dunia untuk menggunakan teknologi untuk memenuhi seluruh kegiatan transaksi sehari-harinya. Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan tidak mempunyai pilihan lain kecuali memberikan materi pembelajaran melalui peralatan mobile.

Dari pada menggunakan teknologi lain untuk mendapatkan materi pembelajaran, orang-oran di seluruh dunia akan lebih suka untuk mengakses melalui teknologi mobile yang mereka telah miliki. Dengan demikian, pendidik dan pelatih harus merancang materi pembelajaran yang akan diberikan dalam berbagai jenis peralatan teknologi mobile. Rancangan dari materi pembelajaran untuk peralatan teknologi mobile harus mengikuti teori pembelajaran yang baik dan rancangan instruksional yang tepat pula sehingga pembelajaran itu akan berhasil efektif. Pembelajar dan pekerja di abad ke dua puluh satu akan mendapatkan banyak keuntungan dari materi pembelajaran yang dirancang dengan baik sehingga mereka dapat belajar dimana pun dan kapan pun menggunakan teknologi mobile mereka. Pembelajar dan pekerja nomadik yang sering bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya juga akan menggunakan teknologi mobile untuk mengakses informasi dan materi pembelajaran dari mana pun dan kapan pun.

[showmyads]

Mobile Learning

author
shining you and surrounding