Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca

No comment 2974 views
banner 468x60
tips meningkatkan kecepatan membaca

Gambar: kompas

Tips meningkatkan kecepatan membaca- Banyak yang bilang bahwa buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca buku kita dapat selain mencari informasi tertentu kita juga dapat menggali sumber-sumber ilmu pengetahuan dari segala bidang kehidupan manusia. Budaya baca dan tulis juga menjadi salah satu ciri dari bangsa yang maju; membaca buku atau menulis sudah menjadi seolah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi laiknya makan dan minum.

Menyadari betapa pentingnya membaca, pemerintah telah memberikan bahan bacaan baik di sekolah atau pun di perpustakaan umum; hal itu tidak lain adalah bagaimana untuk meningkatkan pengetahuan warganya untuk dapat menyerap ilmu pengetahuan dan informasi dengan membaca. Namun berdasarkan data yang dilansir Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2009, kemampuan membaca masyarakat Indonesia berada pada posisi 57 dari 62 negara anggotanya. Bahkan OECD juga mencatat 34,5 persen masyarakat Indonesia masih buta huruf. Hal ini tidak jauh berbeda dengan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun yang sama, yang dirilis untuk mengetahui seberapa besar minat penduduk terhadap dua aktivitas, yaitu menonton dan membaca. Survei dilakukan kepada penduduk yang berusia 10 tahun ke atas. Hasilnya sungguh mengejutkan. Sebesar 90,27 persen penduduk menyukai menonton dan hanya 18,94 persen yang menyenangi aktivitas membaca surat kabar atau majalah.

[iklan3]

Akses untuk dapat membaca buku di Indonesia mungkin masihlah tidak merata antara satu daerah dengan daerah lainnya. Di Jawa mungkin para siswa dan masyarakat umum tidak akan menemui kesulitan untuk mendapatkan bahan bacaan, baik berupa buku bacaan, dokumen e-book, atau pun bahan bahacaan yang ada di internet ataupun akses dari mobile learning mereka.

Tulisan ini tidak akan lebih jauh menyoroti tentang mengapa tingkat membaca rakyat Indonesia masih begitu rendah. Namun dalam tulisan ini akan lebih memberikan tips meningkatkan kecepatan membaca mereka bagi mereka yang sudah gemar membaca. Tips meningkatkan kecepatan membaca ini akan menjadi pedoman untuk bagaimana mereka dapat memahami isi bacaan dengan mudah sehingga informasi dan ilmu pengetahuan yang diserapnya akan lebih banyak.

Berikut ini adalah tips meningkatkan kecepatan membaca yang penulis ambil dari Kompas Edukasi;

  1. Percepatlah bagian yang sudah Anda pahami. Jika Anda menemukan sub bab yang tidak penting atau familiar, Anda bisa melompatinya.
  2. Perlambatlah ketika menemukan sesuatu yang baru dipahami. Perlambatan ini diperlukan untuk mencerna istilah-istilah yang baru dikenal atau baru ditemui.
  3. Tidak mengeluarkan suara dalam membaca karena dapat memakan waktu lebih lama.
  4. Usahakan tidak banyak bergerak saat Anda membaca. Gerak yang dihasilkan akan membuang waktu dan menghambat untuk membaca cepat.
  5. Mental block. Artinya, ketika membaca buku jangan mulai berpikir kita sudah mengetahui isi dalam buku tersebut.

[showmyads]

Demikianlah lima tips meningkatkan kecepatan membaca yang dapat Anda praktekkan sendiri, atau mungkin Anda dapat memberikan tambahan untuk tips meningkatkan kecepatan membaca yang Anda biasa gunakan dengan cara memberikan komentar untuk posting tips meningkatkan kecepatan membaca ini.

Email Autoresponder indonesia
author
shining you and surrounding